Tiyuh Panaragan

Kec. Tulang Bawang Tengah, Kab. Tulang Bawang Barat
Prov. Lampung

Loading

Tiyuh Panaragan

Perayaan

Hari Ayah

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Resmi Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi lampung

Berita Tiyuh

VISI PEMBANGUNAN TIYUH

 Visi pembangunan Tiyuh adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi Tiyuh yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan Tiyuh yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan Tiyuh dengan melihat petensi dan kebutuhan Tiyuh. Penetapan visi pembangunan Tiyuh, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan Tiyuh, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu Tiyuh mencapai kondisi yang yang diharapkan.

Visi Pembangunan Tiyuh Panaragan Tahun 2021-2026 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi dan misi Kepalo Tiyuh yang telah terpilih melalui proses Pemilihan Kepalo Tiyuh secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Visi dan Misi dalam RPJMTiyuh ini ditetapkan untuk Tahun 2021-2026, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Tiyuh Panaragan seperti Pemerintah Tiyuh, BPT, Lembaga Kemasyarakatan (RT, LPMT, Karang Taruna, PKK dll) (sesuaikan dg kondisi Tiyuh), tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Tiyuh pada umumnya. Serta pertimbangan kondisii eksternal di Tiyuh seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Namun demikian dapat dimungkinkan apabila Kepalo Tiyuh terpilih dalam Pemilihan Kepalo Tiyuh yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2021-2026 akan merubah Visi dan Misi yang disesuaikan dengan Visi dan Misi yang bersangkutan.

Visi pembangunan Tiyuh Tahun 2021-2026 ini disusun dengan memperhatikan/mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2017-2022 (Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 11 Tahun 2017), yakni Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing”. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Tiyuh Panaragan Tahun 2021-2026 adalah :

Mewujudkan Tiyuh Panaragan yang Religius dan Sejahtera“.

(sesuaikan dengan Visi Tiyuh)

 

Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan Tiyuh yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama lima tahun kedepan.

Religius Adalah menciptakan suatu kondisi masyarakat yang senantiasa berpegang teguh pada keyakinan beragama. Karena di Tiyuh Panaragan sebagian besar penduduknya beragama Islam maka sangat diharapkan semua tindakan yang dilakukan senantiasa berpedoman pada Al-Quran dan sunnah Rosul Sholallahu ‘alaihi Wasalam, sehingga akan terciptanya masyarakat yang mempunyai solidaritas yang tinggi dan kepedulian yang tinggi terhadap sesamanya. Islam mengajarkan untuk hidup saling menghargai saling tolong-menolong dalam kebaikan dan mencegah pada kemungkaran setelah keadan itu tercapai maka tidak akan ada suatu masalahpun yang tidak dapat diselesaikan. Beberapa indikator yang dapat dijadikan ukuran tercapainya kehidupan yang agamis adalah : Terciptanya suatu kebersamaan dalam kebaikan dan terciptanya ukhuwah islamiyah, terbentuknya kepedulian dan rasa sosial yang tinggi terhadap sesama, terpenuhinya masjid dan musholla sebagai tempat peribadatan dan kegiatan keagamaan, serta TPA dan TPQ senantiasa dipenuhi siswa-siswi belajar agama. Untuk mencapai hal tersebut maka Pemerintah Tiyuh Panaragan mengupayakan pembangunan yang difokuskan pada :

  1. Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana keagamaan seperti : Pembangunan masjid dan musholla, pembangunan TPA, TPQ sebagai sarana anak-anak mengenal dan belajar agama lebih dini.
  2. Pemanfaatan dan pengelolaan masjid sebagai tempat diskusi - diskusi agama dan pendalaman ilmu agama.

 

Sejahtera yaitu konsep sejahtera menunjukkan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi (materiil) maupun sosial (spirituil), dengan kata lain kebutuhan dasar masyarakat telah terpenuhi secara lahir bathin secara adil dan merata dengan menititik beratkan pada peningkatan kwalitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berdayaguna dan meningkatan pembangunan yang difokuskan pada pembangunan perekonomian Tiyuh yang berbasis pada potensi Tiyuh yang berdaya jual dan berdaya saing.

Adapun indikator secara ilmiah adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga meningkatkan pendapatan perkapita pada tingkat yang tinggi, menurunnya tingkat pengangguran, menurunnya jumlah penduduk miskin, terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif, meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang ditandai terpenuhinya hak sosial masyarakat mencakup akses pada pelayanan dasar sehingga mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatkan perlindungan dan kesejateraan sosial, keluarga kecil berkualitas, pemuda dan olah raga serta meningkatkan kualitas kehidupan beragama; meningkatnya peranan perempuan dalam pembangunan, tersedianya infrastruktur yang memadai, meningkatnya profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggungjawab yang mampu mendukung pembangunan Tiyuh.

 

  1. MISI PEMBANGUNAN TIYUH

Misi pembangunan Tiyuh adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah Tiyuh, sesuai visi pembangunan Tiyuh yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan Tiyuh dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan Tiyuh Panaragan Kecamatan tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021-2026 dapat dirumuskan sebagai berikut:

(sesuaikan dengan Misi Tiyuh)

  1. Mewujudkan masyarakat Tiyuh Panaragan yang religius

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  2. Meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman masyarakat terhadap agama
  3. Mewujudkan masyarakat Tiyuh panaragan yang sejahtera

Misi :

  1. Pembangunan
  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur Tiyuh
  • Meningkatkan sumber daya alam yang ada
  • Meningkatkan peran aktif BPT, LPMT, Suku/RT, dan tokoh masyarakat dalam pembangunan Tiyuh
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Tiyuh
  1. Pemerintahan
  • Menciptakan Sistem Pemerintahan yang Baik dan Demokratis.
  1. Kemasyarakatan
  • Peningkatan dan pengembangan usaha kecil dan menengah
  • Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga
  • Mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui peran aktif ibu-ibu PKK, Posyandu, dan organisasi lainnya.
  1. Pemberdayaan
    • Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
    • Mewujudakan masyarakat yang terampil dan terlatih;
  2. Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat Dan Mendesak
  • penanggulangan bencana;

    menyelenggaran penanggulangan bencana berdasarkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku,

  • keadaan darurat;

    menganalisa keadaan darurat untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul.

  • keadaan mendesak.

    menganalisa laporan yang disampaikan oleh masyarakat, apabila terdapat beberapa masalah yang mendesak harus secepatnya diatasi oleh Pemerintah Tiyuh.

 

  1. TUJUAN PEMBANGUNAN TIYUH

Tujuan pembangunan Tiyuh Panaragan Tahun 2021-2026 adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kehidupan beragama.
  2. Terbangunnya perekonomian daerah berbasis potensi lokal yang berdaya saing.
  3. Meningkatnya pembangunan prasarana dan sarana Tiyuh.
  4. Termanfaatkannya dan terkelolanya sumber daya alam berbasis kelestarian lingkungan hidup.
  5. Terciptanya sistem pemerintahan yang baik dan demokratis.
  6. Terciptanya masyarakat yang aman dan tenteram.

 

 

 

 

 

 

  1. SASARAN PEMBANGUNAN TIYUH

Sasaran pembangunan Tiyuh  Panaragan Tahun 2021-2026 adalah sebagai berikut:

  1. Misi Pertama : Bidang Keagamaan Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap agama”, dilaksanakan untuk mencapai sasaran yaitu Makin meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan agama sehingga terwujud masyarakat yang berkarakter agamis, berbudaya, berakhlak mulia, dan bermoral berdasarkan falsafah pancasila.
  2. Misi Kedua : Bidang Kesejahteraan meliputi :
    1. Pembangunan, “Meningkatkan pembangunan infrastruktur Tiyuh, meningkatkan sumber daya alam yang ada, serta meningkaatkan peran serta masyarakat dalam membangun Tiyuh dan peran aktif BPT, LPMT, Suku/RT, dan tokoh masyarakat”, dilaksanakan untuk mencapai beberapa sasaran, yaitu :
  • Terbangun dan mantapnya jaringan infrastruktur yang andal sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas faktor-faktor yang mendukung berkembangnya aktivitas produksi dan mampu membuka isolasi Tiyuh serta membentuk kawasan-kawasan pertumbuhan baru,
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.
  • Membaiknya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif sektor basis ekonomi Tiyuh sehingga mampu menghasilkan komoditi berkualitas, berdaya saing, menjadi motor penggerak perekonomian.
  • Terpenuhi dan meratanya kebutuhan prasarana dan sarana pelayanan dasar di seluruh wilayah Tiyuh dalam rangka peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  • Makin optimalnya pemanfaatan sumber daya alam, aset dan produk Tiyuh yang berdaya saing tinggi sebagai sumbersumber kekayaan Tiyuh.
  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan yang berorientasi tata ruang, serta mengurangi resiko bencana alam.
  • Meningkatnya pengelolaan sumber daya alam yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup.
  • Meningkatnya peran aktif BPT, LPMD, Suku/RT, Tokoh masyarakat, dan masyarakat pada umumnya dalam pembangunan Tiyuh.
    1. Pemerintahan, “Menciptakan Sistem Pemerintahan yang Baik dan Demokratis”, dilaksanakan untuk mencapai beberapa sasaran, yaitu :
  • Meningkatnya kinerja penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik dan bersih.
  • Meningkatnya profesionalisme aparatur Tiyuh.
  • Meningkatnya kualitas pelayanan publik sesuai dengan standar mutu pelayanan yang berorientasi pada terciptanya kepuasan masyarakat.
  • Meningkatnya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.
    1. Kemasyarakatan, “Memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan pengembangan usaha, Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga ”, dilaksanakan untuk mencapai beberapa sasaran, yaitu :
  • Berkembangnya Industri kecil masyarakat.
  • Meningkatnya pendapatan masyarakat yang akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatnya kesadaran, sikap mental, dan perilaku masyarakat dalam menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan warga.
  • Meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,
  • Mantapnya situasi dan kondisi peri kehidupan bermasyarakat yang didukung oleh penegakan HAM.
    1. Pemberdayaan,Meciptakan kapasitas sumberdaya aparatur yang mempunyai daya saing,
  • Meningkatkan kinerja aparatur tiyuh
  • Meningkatkan masyarakat yang berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan tiyuh.
    1. Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat Dan Mendesak, “Menciptakan masyarakat yang tanggap terhadap bencana alam, keadaan darurat dan mendesak”
  • Meningkatkan kewaspadaan masyarakat berkaitan dengan bencana alam
  • Mengantisipasi terhadap terjadinya bencana alam
  • Pemulihan keadaan pasca bencana alam
  • Meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan terhadap konflik sosial
  • Menindak lanjuti laporan masyarakat berkaitan dengan permasalahan bencana, keadaan darurat dan mendesak

Beri Komentar

Tiyuh

3.471

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI3.471penduduk

3.314

PEREMPUAN

PEREMPUAN3.314penduduk

6.785

TOTAL

TOTAL6.785penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Tiyuh untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Tiyuh

Juru Tulis

BASYAH PUTRA

Tidak Ada di Kantor

Kepala Desa

EDYSON

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

DIAN SOPIYANTI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Perencanaan

ANDI SUTIYAWAN

Tidak Ada di Kantor

Kasi Kesejahteraan

HELMAN

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

CORY SYAMFINA

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pelayanan

SULAIMAN HADI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Tata Usaha

KARTINA

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku Jaya 01

ARIFAL

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 02

PURWADI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 03

LENY FEBRIYANI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 04

ASRONI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 05

TARMIZI

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 06

AHMAD SYARPUDIN

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 07

AM IDAMAN

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 08

DANILA SARI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 09

JAUHARI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 10

FEBRIYADI

Tidak Ada di Kantor

kepala suku 11

ANDI AGUSTA

Tidak Ada di Kantor

Kepala Suku 12

PAJARUDIN

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

32

Surat

Tahun Lalu

30

Surat

Total

62

Surat

Statistik Pengunjung
Hari ini : 241
Kemarin : 23
Total Pengunjung : 16.018
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.145.172.146
Browser : Mozilla 5.0
Statistik Pengunjung
Hari ini : 241
Kemarin : 23
Total Pengunjung : 16.018
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.145.172.146
Browser : Mozilla 5.0
Pemerintah Tiyuh

BASYAH PUTRA

Juru Tulis


Tidak Ada di Kantor

EDYSON

Kepala Desa
Tidak Ada di Kantor

DIAN SOPIYANTI

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

ANDI SUTIYAWAN

Kaur Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

HELMAN

Kasi Kesejahteraan
Tidak Ada di Kantor

CORY SYAMFINA

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

SULAIMAN HADI

Kasi Pelayanan
Tidak Ada di Kantor

KARTINA

Kaur Tata Usaha
Tidak Ada di Kantor

ARIFAL

Kepala Suku Jaya 01
Tidak Ada di Kantor

PURWADI

kepala suku 02
Tidak Ada di Kantor

LENY FEBRIYANI

kepala suku 03
Tidak Ada di Kantor

ASRONI

kepala suku 04
Tidak Ada di Kantor

TARMIZI

kepala suku 05
Tidak Ada di Kantor

AHMAD SYARPUDIN

Kepala Suku 06
Tidak Ada di Kantor

AM IDAMAN

kepala suku 07
Tidak Ada di Kantor

DANILA SARI

kepala suku 08
Tidak Ada di Kantor

JAUHARI

kepala suku 09
Tidak Ada di Kantor

FEBRIYADI

kepala suku 10
Tidak Ada di Kantor

ANDI AGUSTA

kepala suku 11
Tidak Ada di Kantor

PAJARUDIN

Kepala Suku 12
Tidak Ada di Kantor